Ini Dia 5 Desain Atap Limas

Desain atap adalah elemen penting dalam gubahan masa bangunan, karena bentuk dari atap memberikan pengaruh besar dalam hasil akhir bentuk bangunan. Ada banyak sekali alternatif bentuk atap yang bisa kamu coba, salah satunya adalah atap limas. Atap limas sendiri merupakan salah satu jenis bentukan atap yang cukup komersil dan sering digunakan.
Atap limas dikenal juga dengan istilah atap perisai adalah penyempurnaan dari bentuk atap pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium. Meskipun terlihat lebih proporsional dibandingkan atap pelana, atap limas dinilai lebih rumit dalam proses pembuatan dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Rumah Atap Limas
Kelemahan dari bentuk atap limas adalah resiko bocor yang lebih tinggi dibandingkan model bentuk atap pelana. Namun dengan sudut kemiringan yang pas, model atap limas mampu melindungi struktur bangunan lebih baik dari cuaca ekstrem, sehingga atap limas sangat cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis. Hal ini membantu meminimalisir kerusakan dari struktur bangunan.
Selain itu, bentuk dari atap limas juga bisa kamu kreasikan menjadi berbagai model atap yang menarik. Seperti pada kreasi desain atap limas yang menarik berikut!

Desain Atap Limas Setengah Terbuka

Atap Limas Setengah Terbuka
Model atap berbentuk limas identik dengan bentuk yang konvensional dan mainstream. Namun, desain atap limas satu ini justru menjadikan kesederhanaan bentuk limas menjadi elemen modern anti-mainstream, sekaligus fungsional.
Dengan desain atap yang setengah terbuka, hunian ini menjadikan sebagian dari bentukan limas pada atap sebagai ruang balkon rumah terbuka dengan memisahkan atap yang setengah terbuka dengan partisi kaca sehingga panorama luar ruangan juga bisa dinikmati dari dalam ruang yang berada di bawah atap.

Desain Atap Limas Vintage

Atap Limas Vintage
Salah satu model atap limas yang cukup populer pada arsitektur klasik bergaya barat adalah bagian ujung yang tidak ditekuk sampai ke bagian paling bawah. Model desain atap limas seperti ini bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kesan vintage yang hangat pada tampilan model rumah klasik milikmu. Model limas pada atap seperti yang satu ini juga mengingatkanmu dengan rumah-rumah peternakan yang umumnya terdapat di Eropa dan juga Amerika.

Desain Atap Limas Persegi Delapan

Atap Limas Persegi Delapan
Meskipun bentuk dasar dari atap limas adalah persegi, bukan berarti hal tersebut menghalangimu untuk mewujudkan bentukan limas pada atap dengan model lainnya seperti persegi enam ataupun persegi delapan. Bentukan ini juga kerap terlihat pada atap-atap rumah-rumah klasik barat.
Walau terlihat lebih menarik, pengaplikasian bentukan atap model limas seperti ini harus sangat teliti dan hati-hati, karena atap seperti ini memiliki resiko bocor lebih besar akibat banyaknya sambungan baik pada struktur dan juga material atap.

Comments

Popular Posts