Apa saja keunggulan dan kelemahan rumah dengan aksen kayu

Rumah  dengan desain kayu memiki keunggulan sebagai rumah atau hunian untuk keluarga. Beberapa di antaranya adalah:
1. Lebih menarik secara visual Bentuk rumah kayu yang eksotis dan alami dimanfaatkan pelaku usaha pariwisata sebagai kamar hotel untuk memikat pengunjung. Beberapa resort menyebutnya bungalow. Ada juga yang menyebutnya sebagai rumah kabin atau pondok liburan.
2. Dapat digunakan sebagai bahan furnitur atau perabot rumah lainnya Membangun rumah kayu lebih praktis dan efisien dalam hal waktu. Selain penyangga atap atau dinding, kita dapat memanfatkan kayu sebagai material lantai, tangga, susuran tangga, bahkan furnitur. Kita pun tak perlu bersusah payah membeli material lainnya, cukup berbelanja kayu sesuai kebutuhan.
3. Harga jual lebih tinggi Rumah kayu juga dapat menjadi aset investasi yang menguntungkan. Rumah kayu dapat dijual kembali dengan harga tinggi asal berkondisi baik dan terawat. Tren rumah hijau alias green house pada beberapa tahun terakhir juga turut mendongkrak harga jual rumah kayu.
Meski demikian rumah kayu juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan membangun atau membeli rumah kayu. Inilah beberapa di antaranya:
1. Harga bahan baku mahal Mengingat luas hutan tropis Indonesia yang semakin sempit, maka semakin terbatas pula kayu yang tersedia di pasaran. Ini membuat harga bahan kayu semakin mahal, terutama di daerah kota besar. Oleh karena itu rumah kayu jarang ditemukan di daerah perkotaan, kecuali di kota tujuan wisata seperti Denpasar atau Jogjakarta.
2. Proses pembangunan cukup rumit
Membangun rumah kayu memerlukan ketrampilan dan ketelitian dari para pekerjanya. Ini karena rumah kayu tidak menggunakan paku besi, melainkan disambung satu sama lain menggunakan pengait.
3. Rentan terhadap panas dan hujan Kayu adalah material yang mudah terpengaruh oleh cuaca, terutama bahan kayu yang harganya murah namun kurang berkualitas.
Bila membutuhkan desainer interior dapat ke website kami di archiness.net

Comments

Popular Posts